Sudah Sahur, Kok Tubuh Justru Lemas Saat Puasa? Ini 5 Kesalahannya

Jakarta – Sahur menjadi waktu makan yang penting saat puasa Ramadan. Di waktu inilah, Anda perlu mempersiapkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya.

Tapi kenapa beberapa orang justru makin lemas saat puasa, padahal sudah menyempatkan makan sahur? Ini lima kesalahan makan sahur yang buat tubuhmu lemas saat puasa, seperti dikutip dari The Health Site.

1. Makan Terlalu Banyak
Sebagian orang mencoba makan dengan porsi besar atau sebanyak mungkin, dengan harapan mereka bisa kenyang lebih lama hingga tiba saat buka puasa. Tapi menurut nutritionist Dr Neha Sanwalka, pemahaman ini justru keliru.

Makan banyak-banyak saat sahur akan menjadi beban bagi perut. Menyebabkan gangguan pencernaan, heartburn juga kembung. Makanlah secukupnya saat sahur tapi pastikan semua nutrisi terpenuhi.

Baca Juga: 5 Anjuran Sahur Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa Ramadan dari Pakar Gizi

2. Langsung Tidur
Hindari langsung tidur setelah sahur karena bisa memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna. Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan. Setelah santap sahur, sisihkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar di seputar kompleks rumah sambil menunggu waktu Subuh. Jika ingin tidur lagi, tunggu sekitar dua jam setelah sahur.

3. Banyak Minum Teh Manis
Sudah jadi kebiasaan orang Indonesia untuk minum teh hangat dalam jumlah banyak saat sahur, dengan harapan bisa mengatasi rasa haus ketika puasa. Tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Teh mengandung kafein dan bersifat diuretik, artinya meningkatkan frekuensi buang air kecil. Alhasil tubuh justru bisa mengalami dehidrasi dan rasa haus makin mendera. Jika ingin minum teh, sesaplah 1-2 cangkir saja dan hindari menambahkan gula.

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Disarankan Ada di Menu Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

4. Minum Air Sekaligus Banyak
Mendekati imsak, biasanya kita akan meminum air putih bergelas-gelas agar tidak haus ketika puasa. Tapi minum banyak air sekaligus justru bisa menaikkan asam lambung dalam perut sehingga Anda akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan.

Sebaiknya minum air secara perlahan dan bertahap. Minumlah ketika bangun tidur dan sebelum makan, saat makan sahur dan setelah makan sahur. Konsumsi juga makanan mengandung banyak air seperti melon, semangka, ketimun atau tomat untuk menambah asupan air di dalam tubuh ketika sahur sehingga Anda tidak harus minum bergelas-gelas air putih dalam satu waktu.

5. Menyantap Makanan Manis
Dapatkan asupan karbohidrat dari sumber makanan yang mengandung pati kompleks. Misalnya nasi merah, oatmeal, roti gandum atau kentang rebus. Nasi putih bisa dikonsumsi jika tidak ada pilihan lain tapi ingatlah jangan makan terlalu banyak.

Hindari asupan karbohidrat lain dari makanan manis seperti cokelat, kue atau permen. Makanan tinggi karbohidrat sederhana dicerna dengan cepat oleh tubuh sehingga energinya juga lebih cepat dilepas dari tubuh. Akibatnya tubuh jadi makin lemas di siang hari. (hst/hst)
Berita ini bersumber dari : detik.com
Dengan judul : Sudah Sahur, Kok Tubuh Justru Lemas Saat Puasa? Ini 5 Kesalahannya