INKO-DAJ

Staf Ahli Pembina Dhipa Adista justicia  Ronal D Manullang.SH, menjelaskanEtika bisnis mengarahkan pembisnis untuk selalu memperhatikan kepentingan stakeholder dalam rangka melakukan kegiatan bisnisnya. Stakeholder merupakan kelompok gabungan antara internal dan eksternal. Kelompok internal terdiri dari  pemilik perusahaan, manajer dan karyawan, sementara kelompok eksternal terdiri 

dari investor, konsumen, masyarakat yang bukan konsumen, distributor. Dengan memperhatikan kepentingan stakeholder maka diharapkan dalam interaksi bisnis terhindar dari perusakan lingkungan, penipuan, promosi menyesatkan, persaingan bisnis yang tidak wajar dengan tindakan merusak nama baik Pesaing bisnis dan sebagainya. Dengan melakukan tindakan pencemaran nama baik Dalam Kitab Undang- Undang Hukum Pidana (KUHP) pencemaran nama baik secara lisan atau penghinaan ini diatur di dalam Pasal 310 ayat (1) yang berbunyi :

“Barangsiapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduh sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”  dan atau  pencemaran nama baik diatur dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal 27 ayat (3) “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik” Pasal 45 UU ITE (1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Terhadap pelanggaran Pasal 28 ayat (1) UU  i t e ini diancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 45A ayat (1) UU 19/2016, yakni;

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Semua kegiatan bisnis diintegrasikan untuk menyejahterakan stakeholder bersamaan dengan itu pembisnis memperoleh keuntungan bisnisnya. Norma sopan santun adalah etika berperilaku bagaimana caranya melakukan segala sesuatu secara terhormat, dengan hormat, menghargai keberadaan orang lain, bermanfaat timbal balik, tidak menyinggung perasaan, Norma hukum, adalah norma pengatur berbagai perilaku yang boleh dan tidak untuk dilakukan, yang disosialisasikan dan disepakati masyarakat dan dituntut secara tegas pemberlakuannya oleh masyarakat demi keselamatan dan kesejahteraan individual maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Norma moral, mengatur mengenai sikap pola perilaku manusia terhadap manusia , PT.INKO TECHNICAL untuk menghadapi masalah masalah gangguan gangguan dari pesaing bisnisnya di bidang Produksi kaca helm yang telah dijalininya bertahun tahun maka melakukan kerjasama dengan Law Firm Dhipa Adista Justicia untuk sebagai Penasehat Hukum Perusahaan PT.INKO TECHNICAL danbertindak sebagai Managing Parnerts Law Office DHIPA ADISTA JUSTICIA beralamat di Jln. Jelambar barat III no 4A Rt 05 Rw 11 Jelambar Baru,  Grogol Petamburan Jakarta Barat kode Pos 11460, dan selanjutnya disebut LAWYERS. Telah membuat kerjasama dengan diwakili oleh Sekretaris jenderal Nicho Hezron.,SH.,MH sebagai Partner bantuan hukum Tetap  pada Tanggal 21 SEPTEMBER 2020 bersama dengan PT.INKO TECHNICAL beralamat Taman Cendana Golf Jl.Cemara GOLG  No.39 LIPPO KARAWACI-TANGERANG,dan juga  beralamat di Jln. Kawasan Industri Millenium Estate 2A Blok A14.No.1 Budi Mulia. Kec .Cikupa. Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. disebut sebagai CLIENT. Staf Ahli Pembina Dhipa Adista justicia  Ronal D Manullang.SHMenerangkan bahwa LAWYERS adalah para Advocat dan Konsultan / Penasehat Hukum Profesional yang telah berpengalaman di dalam segala bentuk pelayanan Hukum,baik litigasi maupun non-litigasi, dan sebagai CLIENT adalah Pribadi dan Perusahaan yang meminta advis dan bantuan hukum dalam segala bentuknya dari LAWYERS, Staf Ahli Pembina Dhipa Adista justicia  Ronal D Manullang.SH Bahwa CLIENT telah setuju untuk menunjuk dan telah diterima Oleh LAWYERS dan juga sebagai PENASEHAT/ KONSULTAN HUKUM TETAP dari CLIENT, ditambahkan “kami akan menempuh jalur Hukum bagi Pesaing Bisnis dari CLIENT kami yang telah sengaja melakukan tindakan dengan cara melanggar Etika bisnis yang merugikan Klien kami Pungkas ( Ronal D Manullang. SH )