DHIPA ADISTA JUSTICIA, selaku kuasa hukum dari Abdul Azis, membuat laporan/aduan atas dugaan penelantaran perkara yang diduga dilakukan oleh penyidik Unit III Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

ABDUL AZIS mengajukan laporan/aduan tentang adanya dugaan penyimpangan dan/atau penelantaran perkara yang diduga dilakukan oleh PENYIDIK UNIT III SUBDIT KAMNEG DITRESKRIMUM POLDA METRO JAYA. Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan dan alasan-alasan diajukannya laporan/aduan ini didasarkan pada hal-hal sebagai berikut: Abdul Azis adalah pembeli lahan dari Bapak Banyamin, dan Ibu Dedeh KS yang terletak di Jalan Kp. Sirimpak, RT. 002/RW. 005, Desa/Kelurahan Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sesuai surat kepemilikan Persil Nomor: 46, Kelas D III, C-Desa Nomor: 527, Nomor Obyek Pajak (NOP): 32.03.091.004.007-0505.0.-, dan telah dilakukan AJB Nomor: 1963/2022 dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Bapak Aden Dahri, SH., M.Kn, tertanggal 12 Oktober 2022, dengan ± luas 864 M2.

Bahwa semua pembelian sebidang tanah tersebut diatas sebelumnya adalah berdasarkan penawaran dari Saudari AISYAH AHMAD ARFAN (ALS, LISA) dalam hal ini sebagai Terlapor atas Laporan Polisi (LP) No. LP/B/2931/V/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 26 Mei 2023 dan kemudian tawaran dari Saudari AISYAH AHMAD ARFAN (ALS, LISA) tersebut pun (Ic.AbdulAzis) menyetujuinya. Bahwa ternyata luas keseluruhan tanah yang dijual Bapak Banyamin, dan Ibu Deden KS adalah 2.364 M2 (Dua Ribu Tiga Ratus Enam Puluh Empat Meter Persegi), dan dimana sisa dari tanah tersebut kemudian dibuat Akta Jual Beli tersendiri oleh Saudari AISYAH AHMAD ARFAN (ALS,LISA) sesuai akta Jual Beli Nomor: 1963/2022 tanggal 12 Oktober 2022 dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Bapak Aden Dahri,SH.,M.Kn dengan ± luas 1.500 M2 (Seribu Lima Ratus Meter Persegi).

Bahwa Klien sudah melakukan pembayaran atas pembelian dan pembangunan Villa tersebut dengan cara transfer beberapa kali melalui Bank BCA cabang Taman Sari, Jakarta Barat sekitar bulan Agustus 2022 – September 2022 kepada: AISYAH AHMAD ARFAN (ALS, LISA), dan kawan-kawan senilai TOTAL Rp. 1.848.463.080,- Bahwa pembangunan Villa tersebut sepenuhnya dilakukan penunjukkan oleh Saudari AISYAH AHMAD ARFAN (ALS,LISA) kepada SFZ selaku kontraktor, dan dimana pembangunan Villa dimaksud dibangun tidak sesuai dengan spek keinginan dari klien; Bahwa pembangunan Villa tersebut hingga saat ini belum juga selesai dikerjakan oleh Saudari (ALS,LISA) dan SFZ

Bahwa kemudian Penyidik/Kanit III Subdit Kamneg Polda Metro Jaya memulai penyelidikan berdasarkan Surat perintah penyelidikan No. SP.Lidik/1712/VI/2022/Ditreskrimum tertanggal 05 Juni 2023, akan tetapi hingga saat ini dan sampai dengan Laporan/Aduan ini diajukan melalui Divpropam Mabes Polri, perkara tersebut belum juga dilakukan gelar perkara dan dinaikan dan atau ditetapkan pemeriksaan ke Penyidikan oleh PENYIDIK UNIT III SUBDIT KAMNEG DITRESKRIMUM POLDA METRO JAYA.

Bahwa atas uraian tersebut diatas, maka dengan ini Abdul Azis dengan didampingi Pengacara Dhipa Adista Justicia DR.DRS.Hadi Purnomo.SH.,MH – DRS. Frankie Samosir.SH – Marusaha.SH.,MH – Iansen Christian.SH – Jessie Hezron.SH.,MH – Johanes Napitipulu.SH.,Nicho Hezron.SH – Indra Patra.SH – untuk membuat Laporan Aduan terhadap Penyidik Unit III Subdit Kamneg Polda Metro Jaya tersebut melalui Divpropam Mabes Polri, atas dugaan tindakan kesewenang-wenangan dan penelantaran perkara, mengingat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Perkapolri Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana dan Perkabareskrim Nomor 3 Tahun 2014 Standar Operasional Prosedur Penyidikan Tindak Pidana; Bahwa sebagaimana telah diuraikan pada point-point di atas saya berharap pihak Propam Mabes Polri agar dapat menindaklanjuti hal tersebut dengan memanggil dan memeriksa Penyidik Ipda Agus Afandi, SH. dan Penyidik Pembantu Briptu Yoga Yudha Pratama selaku Penyidik Unit III Subdit Kamneg Polda Metro Jaya. Mengupayakan langkah-langkah hukum kepada pihak PROPAM POLRI untuk dapat menindaklanjuti tindakan Penyidik Unit III Subdit Kamneg Polda Metro Jaya sehingga Laporan Polisi (LP) No. LP/B/2931/V/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 26 Mei 2023 dapat diproses untuk selanjutnya. Menjunjung tinggi asas kerja dan slogan Polri yaitu Presisi (Prediktif, Responsibility, dan Transparansi). Demikianlah kronologis kejadian ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan mohon perlindungan hukum dari DIVPROPAM MABES POLRI. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. – Jakarta, 28 Januari 2024 ABDUL AZIS PELAPOR/PENGADU.

To Top